Pentingnya Perawatan AC

Perlu diketahui bahwa AC adalah sebuah peralatan elekktronik yang memerlukan perlakuan berbeda dari peralatan elektronik lainnya.

Jika pada peralatan elektronik lain seperti kulkas, mesin cuci, tv dan lain lain tidak memerlukan perawatan rutin atau servis berkala seperti halnya AC. Peralatan tersebut hanya akan di service atau repair jika mengalami kerusakan saja.

Namun untuk AC tidak demikian, AC harus dilakukan perawatan secara berkala atau rutin layaknya pada sebuah kendaraan bermotor seperti Mobil atau sepeda motor.

Kapan AC perlu dilakukan perawatan?

Sebagaimana dengan rekomendasi dari pabrik pembuatnya, AC sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala(cuci) setiap 1 sampai 3 bulan sekali.

jasa cuci ac jogja

Untuk ACĀ  yang dipakai setiap hari dan terletak pada suatu lokasi yang banyak mengandung debu atau udara kotor (misalnya dekat jalan raya) sebaiknya dilakukan perawatan setiap bulan sekali.

Sedangkan untuk AC yang jarang dipakai atau terletak di daerah yang tidak terlalu banyak mengandung debu, sebaiknya dilakukan perawatan setiap 3 bulan sekali.

Manfaat perawatan AC berkala

Untuk AC yang selalu dilakukan perawatan secara berkala, maka akan membuat AC tetap pada funsginya, yakni mendinginkan ruangan dengan udara segar.

Jika dibandingkan dengan AC yang jarang atau tidak dirawat secara berkala, AC yang rutin dilakukan perawatan berkala, maka AC sering dilakukan perawatan akan menjadi lebih awet dan hemat daya listrik.

Alasan perlu dilakukan perawatan rutin

Perlu diketahui pula bahwa sistem kerja AC hampir mirip dengan sistem kerja mesin kendaraan bermotor, Sistem AC secara sederhana adalah :

AC akan membutuhkan daya listrik untuk menggerakan rangkaian atau bagian elektronik dan mekanik yang sudah disusun sedemikan rupa.

Bagian elektronik dan sistem pendingin akan berada di dalam ruangan(indoor) sedangkan untuk bagian mekanik akan terletak di bagian luar ruangan(outdoor).

Nah pada bagian outdoor berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan sekaligus memasukkan udara segar dari luar ruangan menuju ke mesin di dalam ruangan melalui bagian pendingin.

Pada saat bagian mekanik(outdoor) memasukkan udara dari luar ruangan inilah yang akan membawa banyak partikel kotoran masuk ke dalam mesin elektronik dan pendingin di dalam ruangan.

Dan bagian outdoor juga akan sangat kotor karen terkena udara luar dan juga air hujan dan sinar matahari. Dengan hal tersebut maka memungkinkan bagian bagian AC menjadi sangat kotor.

Apa yang terjadi jika AC tidak dilakukan Perawatan Berkala ?

AC yang tidak dilakukan service rutin atau perawatan secara berkala(cuci), maka akan menyebabkan kerusakan pada bagian mesin indoor atau outdoor.

Hal tersebut seperti dijelaskan pada diatas, debu atau kotoran yang masuk ke dalam unit atau bagian indoor dapat merusak bagian pendingin (evaporator) dan bahkan rangkaian elektronik nya. Dengan secara rutin melakukan perawatan AC , bisa menambah usia AC menjadi lebih awet jika dibandingkan dengan AC yang tidak dilakukan perawatan secara rutin atau berkala.

2 thoughts on “Pentingnya Perawatan AC”

  1. Pingback: Judul Situs

Leave a Comment