Cara Mengetahui Daya Listrik AC dalam WATT

mengitung-daya-ac-dalam-watt

Setiap barang barang elektronik maupun elektrik tentunya membutuhkan daya listrik untuk memberikan catu daya agar peralatan tersebut dapat bekerja sesuai dengan fungsi. Demikian juga halnya dengan AC ruang, peralatan ini menggunakan metode dalam bekerjanya, yakni sistem elektrik dan elektronik.

Pada umumnya barang atau peralatan elektronik maupun elektrik memiliki daya listrik yang dibutuhkan agar bisa mengerjakan alat tersebut. Dan daya listrik adalah Watt , sehingga secara umum pada peralatan elekronik dan elektrik sering dijumpai spesifikasi dari alat tersebut dan dicantumkan daya kerja dalam satuan Watt, misalnya sebuah televisi LED ukuran 32 inchi power daya 50 Watt.

Namun lain halnya dengan peralatan pendingin AC ruang yang umunya mempunyai spesifikasi daya listrik dalam satuan PK bukan Watt.

Mengapa daya listrik pada AC menggunakan satuan PK dan bagaimana cara membaca atau mengetahui daya dalam satuan Watt tersebut?.

Untuk diketahui bersama bahwa satuan daya pada umumnya untuk barang elektronik dan elektrik adalah Watt, sehingga orang di Indonesia sudah terbiasa dengan istilah tersebut. Berikut penjelasan cara menghitung satuan daya PK pada AC menjadi Watt.

Satu PK seperti yang dijelaskan diatas artinya tenaga kuda, jika di konversi menjadi Watt kurang lebih seperti dibawah ini :

1 tenaga kuda atau power horse = 735,499 Watt, jika dibulatkan maka 1 PK setara dengan 735 Watt. Jadi untuk ukuran PK lainnya pada AC tinggal menggunakan rumus sebagai berikut :

PK x 735 = Watt, berikut daftar perhitungan Watt dari daya pada AC yang banyak beredar di pasaran.

-AC 1/2 PK = 367 Watt

-AC 3/4 PK = 551 Watt

-AC 1 PK = 735 Watt

-AC 2 PK = 1470 Watt

Sedangkan untuk penggunaannya harus disesuaikan dengan luas atau ukuran sebuah ruangan, bisa dibaca pada artikel Cara Memilih AC yang tepat.

Berikut beberapa ukuran AC dalam ukuran PK dan rekomendasi ukuran ruangan yang tepat :

  • AC 0,5 PK: 5.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 10 m2
  • AC 0,75 PK: 7.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 14 m2
  • AC 1 PK: 9.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 18 m2
  • AC 1,5 PK: 12.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 24 m2
  • AC 2 PK: 18.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 36 m2

 

Leave a Comment