Cara Memilih AC Yang Tepat

cara memilih ac ruang yang benar
Gambar By : Freepik

AC ruang memang sangat dibutuhkan dalam sebuah ruangan yang mempunyai suhu udara cukup panas, seperti di rumah tinggal yang terletak dikawasan padat penduduk, ruangan kantor dan tempat ibadah.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua AC ruang bisa tepat dipasang di dalam sembarang ruangan, ada aturan atau tata cara dalam memilih AC ruang yang tepat dan benar. Sehingga bisa sesuai dengan harapan, yakni dingin dan nyaman di gunakan serta dapat menyebar secara merata.

Memilih AC yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan dan melihat faktor faktor lainnya yang mendukung.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih AC untuk ruangan di rumah, kantor atau tempat ibadah anda.

1.Sesuaikan Ukuran Daya Listrik Dengan Luas Ruangan
Hal yang pertama perlu dilakukan adalah dengan melihat ukuran sebuah ruangan yang akan dipasang AC. Perlu diketahui bahwa untuk satuan daya listrik pada AC(air conditioner) adalah Paardekracht (PK). PK merupakan bahasa jerman yang berarti tenaga kuda. Dimana umumnya satuan tenaga kuda sering dipakai dalam teknik kendaraan motor atau mobil.

Jadi PK atau tenaga kuda adalah daya yang dihasilkan oleh sebuah mesin pendingin atau AC dalam mendinginkan sebuah ruangan.

Untuk itu perlu diperhatikan bahwa ukuran ruangan harus diketahui terlebih dahulu sebelum memilih atau membeli AC. Ini sangat penting dan menjadi faktor utama dalam pemilihan AC, karena jika ukuran ruangan tidak sesuai dengan ukuran AC , maka bisa bisa akan terjadi yang tidak diharapkan. Misalnya ruangan kurang dingin , suhu udara tidak merata, atau bahkan ruangan malah terlalu dingin.

Untuk itu berikut panduan cara menghitung daya yang diperlukan suatu ruangan agar dalam memilih ukuran PK sebuah AC bisa tepat.

-Panjang X Lebar X Tinggi ruangan / 3 X 500
Ukuran dalam satuan Meter. Dan hasilnya bisa dicocokkan dengan ukuran BTU berikut :

  • 5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK
  • 7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK
  • 9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK
  • 12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK
  • 18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 P1/2 PK

BTU (British Thermal Unit) adalah menggambarkan seberapa besar kemampuan sebuah mesin pendingin ruangan untuk mengurangi suhu panas dalam suatu ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

2.Memilih Jenis AC
AC terdiri dari beberapa jenis. Ada  Dan perlu diketahui bahwa tidak semua jenis AC bisa digunakan dalam setiap ruangan. Ada AC standing floor, AC split, AC cassete. Namun jenis AC yang paling banyak digunakan pada rumah dan kantor adalah jenis AC split.

3.Memilih Tipe AC
Saat ini dipasaran terdapat beberapa tipe AC, Yakni AC standard, AC Low Watt dan yang menggunakan teknologi terbaru adalah AC inverter. Namun jika tempat atau rumah anda memiliki daya listrik yang rendah, sebaiknya memilih tipe AC Low Watt. Sedangkan untuk tipe AC inverter ini sangat bagus digunakan menghemat Daya, namun sayangya pada saat pertama dinyalakan tipe ini akan menyedot Daya tarikan yang cukup besar, baru setelah bekerja akan memngkomsumsi daya yang rendah.

4.Memilih Fitur AC
Setiap AC tentunya diproduksi dengan berbagai fitur yang menarik, namun jangan sampai fitur tersebut tidak pernah digunakan karena kita tidak membutuhkan atau tidak mengerti fugnsinya. Diantaranya adalah fitur Rendah Daya, Mode Otomatis dan lain lain. Jangan sampai fitur tersebut tidak digunakan. Hanya karena memilih AC keluaran terkini dan teknologi terkini.

5.Menentukan Jumlah Orang
Jumlah orang yang ada dalam suatu ruangan sangat menentukan PK sebuah AC, jika dalam sebuah ruangan kantor akan ada 4 orang, maka perlud diperhatikan Daya PK nya. Karena jika jumlah orang terlalu banyak, maka suhu di dalam sebuah ruangan kurang maksimal, sehingga AC akan bekerja lebih berat dari semestinya.

Sebagai contoh misalnya, jika perhitungan ukurang ruangan sudah sesuai seperti rumus diatas, dan ditemukan ukuran AC 1  PK misalnya, namun ternyata dalam ruangan tersebut ditempati banyak orang, maka sebaiknya naikka PK nya menjadi 1  1/2 PK atau 2PK.

2 thoughts on “Cara Memilih AC Yang Tepat”

Leave a Comment